Lompat ke isi utama

Berita

PENTINGNYA PEMAHAMAN PEMILU DAN DEMOKRASI

Bawaslu Kota Bandar Lampung hadir di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 15 Bandar Lampung dalam rangka memenuhi undangan sebagai pemateri pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila "Suara Demokrasi", Kamis (19/10/2023).

Kepala Sekolah Negeri SMA Negeri 15 Bandar Lampung Maria Habiba mengatakan tujuan kegiatan ini adalah mendorong siswa-siswi untuk peduli terhadap pemilu dan demokrasi. "Meningkatkan pemahaman kepada siswa-siswi pemilih pemula tentang kepemiluan dan demokrasi" ujarnya
Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bandar Lampung Muhammad Muhyi yang hadir menjadi narasumber pada kegiatan ini memberikan materi kepemiluan dasar bagi pemilih pemula dan demokrasi.

“Hari ini kami hadir ditengah adik-adik siswa dan siswi SMA Negeri 15 Bandar Lampung untuk memberikan pemahaman dasar tentang pemilu dan demokrasi serta memperkenalkan lembaga Bawaslu juga peran dan fungsinya” ujar Muhyi
Muhyi menambahkan, Pemilu menjadi hal utama bagi semua pihak tentunya juga generasi mendatang untuk memahami hak kedaulatanya dalam bicara demokrasi, dalam hal ini para siswa-siswi nantinya akan menjadi agen-agen perubahan dalam kemajuan berdemokrasi di Indonesia, terutama di Kota Bandar Lampung.

“Kami mengajak kepada adik-adik siswa/i SMA N 15 untuk berpartisipatif dalam penyelenggaraan pemilu 2024, sebagai agen perubahan dalam kemajuan berdemokrasi dapat memberikan informasi kepada keluarga bagaimana bahaya politik uang, ujaran kebencian dan berita bohong”

Sehubungan dengan akan diadakannya pemilihan Ketua Osis di Sekolah tersebut, Muhyi juga menjelaskan mengenai bagaimana praktik politik yang bersih dan transparan. “Jadi dalam pemilihan Ketua OSIS, tentu harus dilangsungkan secara demokratis, untuk memilih pemimpin demi keberlangsungan jalannya organisasi Osis menjadi lebih baik” tandasnya.

Menutup materi yang diberikan, Muhyi secara langsung menghimbau agar remaja-remaja yang beberapa tahun kedepan akan mendapat hak pilih tersebut nantinya dapat berperan aktif mendukung Pemilu yang bersih dan transparan. Tagline Bawaslu juga menjadi penutup yang membangkitkan semangat para peserta yang hadir.

Tag
BERITA