Lompat ke isi utama

Berita

RIBUAN PENGAWAS TPS KOTA BANDAR LAMPUNG RESMI DILANTIK

2.880 Pengawas TPS Kota Bandar Lampung telah resmi dilantik

Bandar Lampung - Senin (22/1/2024) Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandar Lampung melakukan supervisi dan monitoring Pelantikan dan Pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Sebanyak 2.880 Pengawas TPS Kota Bandar Lampung telah resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya. Dalam kegiatan ini juga diisi oleh Narasumber yang berasal dari KPU Kota Bandar Lampung, Akademisi dan Pegiat Pemilu yang memaparkan terkait dengan tahapan Pemilu 2024, tupoksi Pengawas Adhoc dan pengelolaan SDM Pengawas TPS.

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Apriliwanda dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada PTPS Kota Bandar Lampung yang telah resmi dilantik. "Kami sampaikan selamat atas dilantiknya teman-teman semua. Kita ketahui bahwa Pengawas TPS merupakan garda terdepan pengawas, Apresiasi kami ucapkan kepada seluruh pendaftar yang akhirnya terpilih sebagai Pengawas TPS" ujar Apriliwanda. 

Apriliwanda juga menghimbau kepada seluruh Pengawas TPS yang baru saja dilantik agar berkoordinasi terkait seluruh pekerjaan teknis di tempat pemungutan suara melalui Panwaslu Kelurahan dan segera berkonsultasi apabila menemui hambatan di lapangan. 

"Pahami regulasi terkait kepemiluan khususnya dalam tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara. Laporkan segera kepada jajaran Panwaslu Kelurahan dan/atau Panwaslu Kecamatan apabila menemukan dugaan pelanggaran yang terjadi selama pengawasan tahapan" tegasnya. 

 

Proses seleksi PTPS ini mengacu pada Keputusan Ketua Bawaslu Nomor : 28/HK.01/K1/01/2024 tentang Perubahan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor 504/KP.01/k1/12/2023 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan dan Pergantian Antar Waktu PTPS pada Pemilu 2024.

Koordinator Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Kota Bandar Lampung, Juwita mengungkapkan bahwa PTPS terpilih yang dilantik hari ini, telah mengikuti serangkaian proses seleksi yang dilakukan secara ketat oleh Panwaslu Kecamatan. 

“PTPS yang dinyatakan lolos tersebut sebelumnya telah melewati proses seleksi administrasi, wawancara, hingga tanggapan atau masukan masyarakat” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Juwita menjelaskan bahwa dalam proses seleksi PTPS ini mulai dari pendaftaran hingga pelantikan Bawaslu Kota Bandar Lampung beserta jajaran turun melakukan supervisi dan monitoring sebagai upaya pengawasan agar proses seleksi yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan sejalan dengan juknis yang telah ditetapkan. "Ini (supervisi dan monitoring) merupakan langkah penting dalam menjaga integritas dan transparansi Pemilu. Kami memastikan bahwa proses perekrutan dan pelantikan PTPS dilakukan dengan cermat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku" ungkap Juwita. 

 

Hari ini tanggal 22 Januari 2024, pelantikan PTPS dilakukan secara serentak oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan se-Kota Bandar Lampung. Pasca Pelantikan, PTPS akan langsung mendapatkan bimbingan teknis berkaitan dengan tugas dan wewenang dalam pengawasan Pemilu 2024. Sebanyak 2.880 PTPS yang telah dilantik akan ditugaskan di 2.880 TPS yang tersebar di Kota Bandar Lampung.

Bandar Lampung - Senin (22/1/2024) Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandar Lampung melakukan supervisi dan monitoring Pelantikan dan Pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Sebanyak 2.880 Pengawas TPS Kota Bandar Lampung telah resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya.