Lompat ke isi utama

Berita

MEMASUKI MASA TENANG, BAWASLU LAKSANAKAN APEL SIAGA

Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Penghitungan Suara pada Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung Apriliwanda bersama Anggota Bawaslu Kota Bandar Lampung Muhammad Muhyi, Hasanuddin Alam, Juwita dan Oddy Marsa menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Penghitungan Suara pada Pemilu 2024 yang digelar oleh Bawaslu Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Minggu (11/2). 

Apel siaga ini juga dilaksanakan serentak oleh Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung  yang diikuti oleh seluruh jajaran pengawas Pemilu hingga tingkat PTPS. Kegiatan ini juga turut dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami dan anggota Forkopimda.


Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P.Panggar dalam sambutan dan arahannya mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka optimalisasi pengawasan tahapan masa tenang Pemilu 2024. Pada masa tenang ini Iskardo mengingatkan kepada peserta Pemilu bahwa pada masa tenang dilarang melakukan kampanye dengan metode apapun. Hal-hal yang dapat mengarah pada dugaan pelanggaran baik secara administratif maupun pidana akan diproses dan ditindak oleh jajaran Bawaslu sebagaimana ketentuan Peratuan Perundang-undangan sebagai sanksi terbesar secara administratif yaitu pembatalan sebagai calon anggota DPR,DPD, DPRD Provinsi , dan DPRD Kabupaten/Kota dan pidana jika terbukti melakukan tindak pidana kePemiluan sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku. 


Pada kesempatan apel ini, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melakukan pengecekan pasukan peserta apel, serta dilanjutkan dengan melepas pelaksanaan patroli pengawasan masa tenang. Peserta apel terdiri dari unsur PTPS, Pengawas Kelurahan/Desa, Panwascam, Bawaslu, Satpol PP dan Saka Adhyasta.

Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandar Lampung menghadiri Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Penghitungan Suara pada Pemilu 2024 yang digelar oleh Bawaslu Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Minggu (11/2).