Lompat ke isi utama

Berita

365 HARI JELANG PEMILU!

Bandar Lampung -  Satu tahun jelang Pemilu, Bawaslu semakin tingkatkan kesiapan lembaga dan kualitas kinerja, terbukti dengan hadirnya Posko Kawal Hak Pilih dan Komunitas Digital Jarimu Awasi Pemilu yang secara serentak diresmikan dalam rangkaian acara Apel Siaga 1 Tahun Menjelang Pemilu 2024 oleh jajaran Bawaslu seluruh Indonesia.

Selasa (14/02) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung gelar rangkaian acara Apel Siaga 1 Tahun Menjelang Pemilu 2024 di Hotel Emersia Bandar Lampung dengan konsep acara yang berbeda. Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan konsep apel di lapangan yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota, jajaran Sekretariat Bawaslu Kota Bandar Lampung, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan Se-Kota Bandar Lampung.

Dalam arahannya sebagai inspektur apel, Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung  Candrawansah menegaskan esensi pesta demokrasi yang sesungguhnya serta menuturkan harapan agar jajaran pengawas dapat bekerja secara profesional demi terciptanya pemilu serentak yang sesuai dengan harapan.

Pasca apel, Bawaslu Kota Bandar Lampung lantas menggelar forum dalam ruangan bersama Forkopimda Kota Bandar Lampung, organisasi Keagamaan, Organisasi Perempuan, Organisasi Disabilitas, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat Adat, Penggiat Pemilu, Pemantau Pemilu serta Wartawan dan Media dengan mengusung tema "Launching Posko Kawal Hak Pilih dan Soft Launching Komunitas Digital Jarimu Awasi Pemilu".

Hajat besar ini selanjutnya secara resmi dibuka oleh Candrawansah selaku Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung dihadapan forum sekaligus memimpin pembacaan Deklarasi Pemilu Damai yang diikuti oleh seluruh tamu terundang.

Dalam sambutannya, Candra menjelaskan bahwa telah dibuka posko kawal hak pilih di 20 Kecamatan di Kota Bandar Lampung, sehingga masyarakat bisa langsung melaporakan apabila menemui hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran pemilu. "Terutama para pemilih, apabila ada petugas coklit yang tidak benar, silahkan dilaporkan. Ini demi menjaga hak pilih” ujarnya.

Meresmikan Deklarasi Pemilu Damai yang sudah dibacakan sebelumnya, Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana menyampaikan sambutannya dengan menegaskan bahwa Pemilu merupakan pesta demokrasi yang wajib menjadi fokus bersama. Selain itu, Pemimpin wilayah Kota Bandar Lampung ini juga berharap tidak adanya golput dalam pemilu mendatang. "Gerakan Golput akan menciderai Pemilu serentak tahun 2024," tegasnya

Sambutan dari wanita yang kerap disapa Bunda Eva ini diakhiri dengan proses penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai secara bersama dengan Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandar Lampung dan perwakilan tamu terundang lainnya.

Meresmikan Posko Kawal Hak Pilih, pemukulan gong bersama Walikota Bandar Lampung dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung didampingi Anggota Bawaslu Kota Bandar Lampung. Sementara itu, Soft Launching Komunitas Digital Jarimu Awasi Pemilu dilakukan dengan simulasi menekan tombol sirine yang menandakan salah satu progran andalan Bawaslu tersebut sudah diresmikan secara formal dan dikenalkan kepada masyarakat luas.

Tag
BERITA