Lompat ke isi utama

Berita

PANWASLU KECAMATAN KOTA BANDAR LAMPUNG RESMI DILANTIK

Bandar Lampung - Bawaslu Kota Bandar Lampung melantik Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, yang selanjutnya di singkat Panwascam se- Kota Bandar Lampung, Jum'at (28/10). Pelaksanaan pelantikan Panwascam ini dilaksanakan di Aston Hotel yang beralamat Jl. Gatot Subroto No.81, Garuntang, Kec. Telukbetung Selatan. Bawaslu Kota Bandar Lampung melantik sebanyak 60 Anggota Panwascam yang terbagi dalam 20 kecamatan, sehingga setiap kecamatan diwakili oleh 3 orang Panwascam.

Candrawansah selaku Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung dalam keterangannya mengenai pelantikan Panwascam se-Kota Bandar Lampung menjelaskan bahwa Pelantikan ini menjadi sebuah tahapan formal yang menyatakan bahwa Panwascam ini sudah secara resmi menjadi bagian dari Badan Pengawas Pemilu.

"Diharapkan setelah pelantikan dan pembekalan yang dilaksanakan pada tanggal 28 s.d. 30 Oktober 2022, Panwascam ini sudah dapat secara aktif membantu Bawaslu Kota Bandar Lampung baik secara teknis maupun terlibat dalam mengawasi gerakan politik pra pemilu di tingkat Kecamatannya masing-masing, mengingat memang mereka adalah kepanjangan tangan dari Bawaslu Kota Bandar Lampung." terang Candra.

Selain itu, besar harapan Bawaslu Kota Bandar Lampung dan umumnya masyarakat Kota Bandar Lampung agar Panwascam terpilih saat ini menjadi pengawas pemilu yang adil, berintegritas, netral, akuntabel, jujur, serta berjiwa kritis. "Sehingga, pemilu yang dilaksanakan pada tahun 2024 baik pilpres dan pileg dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan masyarakat dan marwah demokrasi yang ada." ujar Candra

Koordinator Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Kota Bandar Lampung, Muhammad Asep Setiawan juga mengungkapkan bahwa pasca pelantikan Panwascam terpilih tidak akan langsung dilepas dilapangan, tetapi akan diberikan pembekalan baik secara teknis, maupun yuridis untuk nantinya Panwascam ini benar benar berkompeten dan mampu menjalankan tugas pengawasan secara maksimal.

Karena memang tugas pengawasan yang mereka emban sangat berat karena secara langsung mendapati, menerima laporan, atau secara langsung memberikan tindakan kepada pelanggar pemilu. "Oleh karena itu perlu adanya pembekalan yang matang untuk menjamin kompetensi Panwascam di Kota Bandar Lampung ini sebagai daerah percontohan bagi Kabupaten/Kota lain di Lampung." tegas Asep.

Tag
BERITA