Lompat ke isi utama

Berita

PENDAFTARAN PANWASLU KELURAHAN KOTA BANDAR LAMPUNG TELAH DIBUKA

Pendaftaran Panwaslu Kelurahan Kota Bandar Lampung Telah Dibuka

Dalam rangka pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa  untuk Pemilihan serentak tahun 2024, Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa Kata Bandar Lampung berdasarkan Peraturan Sadan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia  Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Sadan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Pembentukan, Pemberhentian,  Dan Penggantian   Antarwaktu   Sadan   Pengawas   Pemilihan   Umum Provinsi, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan,  Panitia  Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa,  Panitia Pengawas Pemilihan  Umum  Luar  Negeri,  dan  Pengawas Tempat  Pemungutan  Suara (Berita Negara Republik Indonesia  Tahun 2023 Nomor 1078),  maka membuka kesempatan bagi  Warga  Negara Indonesia  yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa.

Persyaratan calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa adalah sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 21  (dua puluh satu) tahun;
  3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara,  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,  Negara Kesatuan Republik Indonesia,  Bhinneka Tunggal lka, dan cita-cita Proklamasi  17 Agustus 1945;
  4. Mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil;
  5. Memiliki   kemampuan dan  keahlian yang  berkaitan dengan  Penyelenggaraan Pemilu,  ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu;
  6. Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat;
  7. Berdomisili   di   kecamatan  setempat  yang  dibuktikan   dengan  Kartu  Tanda Penduduk (KTP);
  8. Mampu secara jasmani,  rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika;
  9. Mengundurkan diri  dari  keanggotaan partai  politik sekurang-kurangnya 5  (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon;
  10. Mengundurkan diri  dari  jabatan  politik,  jabatan  di  pemerintahan, dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah apabila terpilih;
  11. Tidak  pernah  dipidana  penjara  berdasarkan  putusan  pengadilan  yang  telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih; 
  12. Tidak   pernah   menjadi   anggota   tim   kampanye   salah   satu   pasangan   calon presiden dan wakil presiden, calon anggota dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan daerah, dan dewan  perwakilan  rakyat daerah,  serta pasangan calon kepala daerah dan wakil  kepala daerah sekurang-kurangnya  dalam jangka waktu 5 (lima) tahun;
  13. Bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan  dengan surat pernyataan;
  14. Bersedia  tidak  menduduki  jabatan   politik,  jabatan  di  pemerintahan,  dan/atau badan usaha milik negara/badan  usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih;
  15. Tidak  berada dalam  ikatan  perkawinan  dengan  sesama  Penyelenggara  Pemilu; Dan
  16. Mendapatkan   izin   tertulis   dari   Pejabat  Pembina   Kepegawaian   (PPK)   atau Pejabat yang Berwenang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada saat mendaftar serta   melampirkan   bukti   permohonan   pengajuan   berhenti   sementara   saat mendaftar.
  17. Mengajukan     surat    lama ran    yang   ditunjukan     kepada     Kelompok     Kerja Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa di wilayah  Kabupaten/Kota*

a.  surat lamaran  yang ditujukan  kepada Pokja;

b.  Fotokopi  KTP;

c.  pas foto warna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga)  lembar;

d. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang disahkan/dilegalisir oleh pejabat yang berwenang atau menyerahkan fotokopi ijazah terakhir dengan menunjukkan  ijazah  asli;

e. Daftar Riwayat Hidup;

f.  Surat    keterangan    sehat    dari    rumah    sakit    pemerintah,    termasuk puskesmas  disampaikan   pada  saat  pendaftaran  dan  surat  keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang yang disampaikan  sebelum pelantikan;

g. Mendapatkan  izin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian  (PPK) atau Pejabat  yang  Berwenang  bagi  Aparatur  Sipil  Negara  (ASN)  pada saat mendaftar serta melampirkan bukti permohonan pengajuan berhenti sementara saat mendaftar;

h. Surat pernyataan yang memuat:

  1. Setia  kepada  Pancasila  sebagai  Dasar  Negara,  Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita proklamasi  17 Agustus Tahun 1945;
  2. Tidak pernah menjadi anggota partai politik*)/telah mengundurkan diri dari anggota partai  politik sekurang-kurangnya 5  (lima) tahun terakhir*);
  3. Tidak  pernah dipidana  penjara  berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai  kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih;
  4. Bersedia bekerja penuh waktu;
  5. Kesediaan untuk tidak menduduki jabatan  politik, jabatan di pemerintahan dan badan usaha milik  negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih; dan
  6. Tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu;
  7.  Mampu secara jasmani,  rohani  dan bebas dari  penyalahgunaan narkotika;
  8. Tidak    pernah   diberhentikan    secara   tidak    hormat   dari penyelenggara Pemilu oleh Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu  (DKPP),  Bawaslu,  Bawaslu  Kabupaten/Kota,  KPU,  atau KPU Kabupaten/Kota.

--------------------------------------------------------------------------------------------

1)  Pelamar melampirkan keterangan atau bukti lain  yang mendukung kompetensi pelamar sebagai dasar penilaian dalam seleksi administrasi.

2) Formulir berkas administrasi calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa dan keterangan lebih  lanjut dapat diperoleh di laman  Bawaslu Kabupaten/Kota atau Bawaslu Provinsi,  media sosial, atau sekretariat Bawaslu Kota Bandar Lampung.

3) Dokumen pendaftaran dapat  dikirim  melalui  pos  kilat atau  disampaikansecara langsung ke Sekretariat Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa bertempat di  Bawaslu Kota Bandar Lampung JI.  Way  Besai  No.  01  Pahoman, Enggal, Kota Bandar Lampung atau dapat juga disampaikan secara on line melalui alamat email sdmobawaslubalam@gmail.com.

4) Dokumen persyaratan dibuat masing-masing rangkap  3 (tiga),  terdiri  dari 1(satu) rangkap asli dan 2 (dua) rangkap fotokopi.

5)  Waktu penerimaan  pendaftaran mulai  tanggal  18  s/d 21  Mei  2024 mulai  dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 waktu setempat.

6)  Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya.


 

 

PENGUMUMAN RESMI DAN LAMPIRAN DAPAT DIUNDUH DI BAWAH INI :