Lompat ke isi utama

Berita

SATUKAN KOMITMEN, SENTRA GAKKUMDU BAWASLU GELAR RAPAT KOORDINASI

Rapat Koordinasi Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Kota Bandar Lampung, Senin, 31 Oktober 2022, Dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kota Bandar Lampung. Dalam Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandar Lampung beserta jajaran, Kejaksaan Tinggi Negeri Kota Bandar Lampung serta  Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung, 

Candrawansah selaku Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung dalam rapat ini menjelaskan bahwa Rapat Gakkumdu ini merupakan persiapan untuk pemilu yang nantinya pasti akan berlangsung panas, karena akan banyak potensi pelanggaran di setiap tingkatan.  Sehingga, jangan sampai masyarakat resah dengan gerakan yang berpotensi menjadi pelanggaran pemilu, kita perlu menegakkan peraturan pidana pemilu, karena banyak bakal calon yang menggunakan trik untuk mengakali aturan yang ada.

Laporan awal mengenai pelanggaran baik yang dilakukan partai, kandidat, anggota legislatif, maupun masyarakat simpatisan. Sehingga Gakkumdu ini perannya sangat strategis untuk meredam kemungkinan pelanggaran teruatam pelanggaran pidana pemilu.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung mengatakan bahwa tujuan Gakkumdu saat ini adalah membangun sinergritas komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi. Sehingga Gakkumdu menjadi produk yang mampu diterima oleh masyarakat terutama dalam tugas menjaga stabilitas dalam masyarakat pada prosesi pemilu. Perlu adanya kerjasama dan saling isi serta melengkapi, tanpa dibenturkan adanya kepentingan tertentu dari pihak Gakkumdu.

Kasipidum  Kejaksaan Tinggi Negeri Bandar Lampung menyampaikan bahwa pada Pemilu 2024 bukan hanya sekedar pemilu untuk memilih calon eksekutif namun juga legislatif, sehingga akan semakin dinamis potensi masalah yang akan terjadi. Walaupun belum masuk dalam tahapan pemilu yang aktif, namun sudah ada gerakan bawah tanah yang terstruktur untuk menyiasati aturan aturan pemilu. Sehingga, kita selaku Gakkumdu harus seiya sekata, satu gerakan dan satu komando untuk menegakkan keadilan dan marwah demokrasi pada pemilu 2024 nantinya.

Yahnu Wiguno Sanyoto selaku Koordinator Gakkumdu Bawaslu Kota Bandar Lampung menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini diharapkan mampu mengoptimalkan Gakkumdu sebagai sebuah tim, untuk dapat menjadi tim yang solid agar intitusi Polri, Kejaksaan, dan Bawaslu mampu satu paham. Sehingga tidak ada lagi tafsir yang berbeda dan kesalahpahaman dalam penelaahan unsur-unsur aturan pemilu. Sehingga nantinya kinerja gakkumdu mampu dilaksanakan secara efisien dan efektif, tidak ada lagi masalah tafsir berbeda yang menghabiskan banyak waktu. "Gakkumdu ini akan menjadi pusat data dan informasi mengenai proses pelaksanaan pemilu, artinya data yang dimiliki harus sesuai dan sinkron, kemudian kita juga nanti perlu masuk secara langsung dalam masyarakat untuk memonitoring kerawanan di tiap tiap kecamatan. Gakkumdu harus mampu memetakan kerawanan dan meredam untuk memperkecil resiko terjadinya pelanggaran pidana pemilu" jelas Yahnu.

Tag
BERITA